Tukar Uang Baru Pakai Jasa Tukar Uang Baru, Dimana Tempat Penukaran Uang Baru 2019? - Infoter

Tukar Uang Baru Pakai Jasa Tukar Uang Baru, Dimana Tempat Penukaran Uang Baru 2019?

Tukar Uang Baru Pakai Jasa Tukar Uang Baru, Dimana Tempat Penukaran Uang Baru 2019?


Tukar uang baru di hari biasa bank yang menyediakan uang baru cukup sedikit dan hanya ada di Bank Indonesia Jakarta - KPW Bank Indonesia jika di daerah. Bisakah tukar uang baru di BCA? Bisa, tapi uang baru di BCA tidak selalu tersedia apalagi di hari-hari biasa. Lokasi penukaran uang baru yang selalu tersedia adalah di Bank Indonesia. Tukar uang baru 2019 bisa menggunakan jasa penukaran uang baru online. Bagaimana hukum tukar uang baru?

Tukar uang baru di hari biasa

Tukar uang baru di hari biasa hanya tersedia di Bank Indonesia, sementara di Bank BUMN seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI dan Bank swasta seperti BCA, CIMB Niaga, dll tergantung persediaan. Jadwal tukar uang baru di hari biasa tidak menentu ada atau tidak. Nasabah penukar uang baru mesti melihat informasi dari twitter resmi Bank Indonesia. Lokasi penukaran uang baru dari Bank Indonesia di hari biasa pun berubah-ubah setiap harinya. Mulai dari KPW Bank Indonesia Jakarta, Pasar Jembatan 5, Monumen Nasional (Monas), dll.

Jasa tukar uang baru hari biasa dapat kita temui di sepanjang jalan museum Bank Indonesia, tepatnya di depan stasiun Beos Jakarta kota, berjarak 100 meter dari kota tua Jakarta. Penyedia jasa tukar uang baru biasa disebut inang-inang. Inang-inang di depan Museum BI Jakarta menyediakan jasa tukar uang baru, membeli uang rusak dan menawarkan uang kuno untuk dikoleksi para kolektor.

Bisakah tukar uang baru di BCA, BNI, BRI, dll?

Bisakah tukar uang baru di BCA, BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, dll? Bisa. Dimana lokasi tukar uang baru BCA? Tukar uang baru di BCA bisa dilakukan di kantor cabang BCA terdekat. Bagaimana cara tukar uang baru di BCA? Silakan datang ke kantor cabang BCA terdekat ke bagian teller. Apa syarat tukar uang baru di BCA? Syarat tukar uang baru di BCA cukup membawa E-Ktp dan buku tabungan Bank BCA yang pembukaan buku tabungan BCA nya dilakukan di kantor cabang BCA tersebut.

Satu nasabah dibatasi hanya bisa satu kali melakukan penukaran uang baru di kantor cabang bank yang telah bekerjasama dengan BI. Buku tabungan nasabah akan diberi tanda bahwa nasabah bank yang bersangkutan telah menggunakan hak untuk mendapatkan layanan tukar uang baru di KC bank tersebut. Sehingga nasabah tersebut tidak bisa lagi menukar uang lama dengan uang baru di bank tersebut, meskipun mencoba menukar uang baru di bank yang sama walaupun beda cabang.

Tukar uang baru 2019

Tukar uang baru 2019 dari Bank Indonesia dan bank-bank yang bekerjasama dengan BI menjelang hari raya Idul Fitri 1440H/2019M biasanya digelar mulai H-14 sampai H-7 di  lapangan parkir IRTI Monas. Setiap tukar uang lama dengan uang baru dibatasi sebanyak Rp. 3.700.000 per penukar dengan rincian Rp. 20.000 = Rp. 2.000.000, Rp. 10.000 = Rp. 1.000.000, Rp. 5.000 = Rp. 500.000 dan Rp. 2.000 = Rp. 200.000. Tukar uang baru di Bank Indonesia dan bank-bank yang bekerjasama dengan BI adalah gratis tanpa dipungut biaya. Layanan penukaran uang baru di lapangan IRTI Monas mulai pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB atau persediaan uang baru telah habis.

Lokasi tukar uang baru 2019 di KPW Bank Indonesia seluruh Indonesia

Tukar uang baru 2019 dari Bank Indonesia akan berlangsung di KPW Bank Indonesia seluruh Indonesia, seperti misalnya berdasarkan pengalaman tahun lalu adalah di Bank Indonesia KPW Banten. Di Banten, Bank Indonesia KPW Banten dan bank-bank yang bekerjasama dengan BI menggelar layanan penukaran uang baru di lapangan alun-alun Serang, Banten mulai pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB.

Tidak hanya di Bank Indoneisa KPW Banten, layanan tukar uang baru juga tersedia di kota-kota besar lainnya seperti Karawang, Bekasi, Tangerang, Depok, Bandung, Surabaya, Semarang, dll. Karawang dengan UMK tertinggi di Indonesia tentu saja omzet atau perputaran uang baru di Karawang diprediksi lebih tinggi ketimbang omzet tukar uang baru di daerah lain.

Tukar uang baru online

Tukar uang baru online resmi dari Bank Indonesia dan bank-bank yang bekerjasama dengan BI belum tersedia. Tukar uang baru online saat ini yang marak di marketplace sangat beresiko. Resiko tukar uang baru online yang pertama adalah gagal kirim karena ekspedisi sangat ketat dan selektif dalam mengirimkan paket. Ekspedisi melarang uang asli dikirimkan melalui paket. Resiko tukar uang baru online yang kedua adalah uang baru yang tiba ternyata upal atau aspal.

Jasa tukar uang baru di jalanan

Menjelang puasa inang-inang mulai menjajakan jasa penukaran uang baru dengan fee Rp. 10.000 per 100.000 uang baru. Mendekati hari H, fee jasa tukar uang baru bisa mencapai Rp. 15.000 sampai Rp. 50.000 per Rp. 100.000 uang baru. Darimana inang-inang mendapatkan banyak uang baru? Mereka menukar uang baru di hari-hari biasa dan menyimpannya untuk "dijual" kepada masyarakat menjelang lebaran. Dari beberapa sumber, mereka mendapatkan uang baru dalam jumlah banyak dari oknum "orang dalam".

Bank Indonesia menghimbau masyarakat untuk menukarkan uang lama dengan uang baru hanya di tempat resmi yaitu Bank Indonesia dan bank-bank yang telah ditunjuk oleh BI. Imbauan BI melarang transaksi tukar uang baru menggunakan jasa penukaran uang baru terkait antisipasi maraknya upal dan aspal jelang lebaran Hari Raya Idul Fitri. Perlu diketahui oleh masyarakat bahwa menjelang lebaran, peredaran upal dan aspal meningkat berkali-kali lipat.

Bagaimana hukum tukar uang baru?

Hukum tukar uang baru adalah halal jika dilakukan tanpa dikurangi atau memberikan fee/kelebihan kepada penyedia/pemilik uang baru. Misalnya tukar uang lama Rp. 100.000 mendapatkan uang baru Rp. 100.000 juga meskipun dalam nominal kecil yang terbagi-bagi. Mata uang harus ditukar dengan mata uang lagi yang setara, tidak boleh dilebihi atau dikurangi.

Hukum tukar uang baru melalui jasa tukar uang baru yang terdapat potongan, dipotong, sehingga nilai uang baru yang didapat tidak sama dengan uang lama yang ditukarkan atau memberikan fee (keuntungan) kepada penyedia/pemilik uang baru adalah haram karena termasuk riba fadhl. Pelaku riba adalah 4 pihak, yaitu pemberi, penerima, saksi dan juru tulis. (HR Muslim Nomor 1598).

Bagaimana cara mendapatkan uang baru dalam jumlah banyak?

Cara mendapatkan uang baru dalam jumlah banyak adalah secara kolektif. Misalnya di sebuah perusahaan atau pabrik terdapat 1.000 orang karyawan. Secara formal perusahaan melalui HRD atau bagian payroll mengirimkan email berisi proposal atau pengajuan resmi meminta kepada Bank Indonesia atau KPW Bank Indonesia dan atau kantor cabang Bank yang bekerjasama dengan BI untuk menyediakan uang baru yang akan dibagikan kepada karyawan perusahaan sebagai tunjangan hari raya (THR).

Bisa atau tidaknya cara mendapatkan uang baru secara kolektif melalui perusahaan swasta kembali kepada kebijakan Bank Indonesia atau bank-bank yang ditunjuk oleh BI. Sejauh ini yang admin kangenmantan.com ketahui cara kolektif tukar uang baru yang sudah biasa dilakukan adalah oleh instansi pemerintah seperti instansi ASN/PNS, BUMD, dll.

Kesimpulan dari informasi tukar uang baru di artikel "Tukar Uang Baru Pakai Jasa Tukar Uang Baru, Dimana Tempat Penukaran Uang Baru 2019?" adalah tukarlah uang lama dengan uang baru di tempat resmi yang telah disediakan oleh pemerintah agar terhindar dari kerugian dan penipuan.

Budaya orang Indonesia yang berbagi rezeki THR kepada adik, kakak, keponakan dan kerabat dekat lainnya dengan bagi-bagi angpau THR berupa uang baru tetap harus memperhatikan hukum tukar uang baru dalam kepercayaan yang dianut.


Please write your comments