Enakan kerja di indomaret atau alfamart? Gaji karyawan alfamart berapa? Jam kerja di Alfamart berapa jam? Kerja di Alfamart bisa sambil kuliah apa tidak? Tanggal gajian Alfamart kapan? Semua pertanyaan anda akan dijawab oleh orang-orang yang punya pengalaman kerja di Alfamart.
Kerja di Alfamart dan Indomaret secara prinsip adalah sama, sama-sama bekerja di sektor ritel. Soal sistem kerja di Alfamart dan Indomaret lebih detail dan spesifik pasti tidak akan 100% sama. Maka kalau ditanya enakan kerja di Alfamart apa Indomaret? Jawabannya adalah masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Pertanyaan yang sering dilontarkan calon pelamar kerja, orang yang baru lulus sekolah sedang mencari pekerjaan (fresh graduates) dan orang eks karyawan-karyawati Indomaret yang akan melamar kerja ke Alfamart adalah untung rugi kerja di Alfamart.
Untung rugi atau suka duka kerja di Alfamart tentu banyak sekali cerita bahagia maupun sedih berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah pernah bekerja di Alfamart. Pengalaman masing-masing pekerja yang pernah bekerja di Alfamart pasti berbeda satu sama lain.
Pada dasarnya bekerja dibawah telunjuk orang lain tidak ada yang 100% enak. Jadi kalau bertanya kerja di Alfamart enak ga sih? jawabannya ya tergantung, kembali ke pembawaan diri pekerjanya masing-masing.
Tetapi kangenmantan.com berhasil merangkum manfaat bekerja di Alfamart berdasarkan pengalaman kerja di Alfamart sebagai berikut :
1. Gaji karyawan Alfamart terendah adalah minimal UMK
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sebagai pemilik merk dagang Alfamart (AMRT) selalu memberikan gaji kepada karyawan sesuai dengan UMK Kabupaten/Kota yang berlaku. Selama sampai tulisan ini ditulis, Alfamart tidak pernah telat membayarkan gaji yang merupakan hak karyawan dan tidak pernah memberikan gaji dibawah UMK Kabupaten/Kota yang berlaku. Slip gaji Alfamart dikirim melalui email dari payroll pada H+1 setelah tanggal gajian Alfamart. Tanggal gajian Alfamart adalah setiap tanggal 28.
2. Jenjang karir dan tunjangan jabatan
Alfamart memiliki jenjang karir untuk karyawan-karyawatinya yang berprestasi. Sistem grade berlaku untuk level jabatan. Jenjang karir di toko dan di gudang berbeda. Jenjang karir dari toko lebih cepat mencapai top level manajerial. Setiap grade dan level jabatan terdapat tunjangannya sendiri.
3. Benefit untuk karyawan-karyawati yang masuk di tanggal merah
Toko Alfamart tidak pernah libur kecuali terjadi force majeur. Maka karyawan-karyawati toko maupun gudang yang masuk di tanggal merah akan mendapatkan benefit sebagai kompensasi masuk di hari libur nasional.
4. Bonus dan THR
Bonus merupakan reward dari perusahaan untuk karyawan-karyawati Alfamart apabila toko berhasil mencapai target sales bulanan. Istilah bonus untuk toko yang berhasil mencapai target sales adalah IKT. IKT diberikan kepada seluruh karyawan yang bekerja di toko peraih reward tersebut dengan besaran yang berbeda-beda tergantung level jabatannya. Tunjangan Hari Raya (THR) selalu diberikan oleh Alfamart setiap tahun kepada karyawan-karyawatinya paling lambat H-7. Nominal berapa banyak THR di Alfamart adalah sesuai dengan UU Ketenagakerjaan.
5. Jam kerja di Alfamart sesuai dengan UU Ketenagakerjaan
Jam kerja di Alfamart adalah 7 jam kerja + 1 jam istirahat untuk karyawan non shift atau bekerja 6 hari + 1 hari libur, bekerja dari hari Senin sampai hari Sabtu maka libur di hari Minggu, dan 8 jam kerja + 1 jam istirahat untuk karyawan shift yang bekerja 5 hari + 1 hari libur. Sehingga total jam kerja karyawan Alfamart adalah 40 jam per minggu.
6. Diskon khusus karyawan
Diskon khusus karyawan Alfamart ini merupakan diskon diluar diskon diskon belanja lainnya yang berlaku untuk konsumen umum. Diskon karyawan Alfamart bisa didapatkan saat berbelanja di Alfamart dengan menunjukkan kartu ponta yang telah di verivikasi identitasnya. Semakin banyak nominal belanja di Alfamart, semakin banyak potensi mendapatkan diskon karyawan.
7. Hak cuti
Alfamart memberikan hak cuti, ijin dan sakit sesuai dengan UU Ketenagakerjaan. Saat karyawan cuti, karyawan dianggap masuk kerja. Beda dengan ketika sakit, karyawan dianggap tidak masuk kerja. Hak cuti tahunan adalah 12 hari. Hak cuti berlaku selama 1 tahun. Sebagai contoh, untuk hak cuti tahun 2018 sebanyak 12 hari yang diberikan untuk cuti selama tahun 2019 akan expired pada 30 Juni 2020.
8. Fasilitas ketenagakerjaan
Alfamart mengikutsertakan karyawan-karyawatinya dengan program-program pemerintah seperti BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Selama sampai tulisan ini ditulis, alfamart selalu lancar membayar premi iuran rutin BPJS baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga karyawan-karyawati Alfamart yang menggunakan fasilitas kesehatan (faskes) di klinik-klinik kesehatan saat mengalami sakit tidak pernah mendapatkan penundaan hak-haknya.
9. Alfamart support pendidikan
Alfamart memberikan dispensasi untuk karyawan-karyawatinya yang ingin kuliah sambil bekerja. Alfamart memberikan fleksibilitas jam kerja untuk pekerja yang sambil kuliah selama pekerja yang bersangkutan kuliah. Fleksibilitas jam kerja untuk karyawan yang kerja sambil kuliah berupa toleransi menentukan shift kerja saat ada jadwal kuliah.
10. Fasilitas penunjang kerja yang lengkap
Untuk beberapa level jabatan, Alfamart memberikan fasilitas seperti handphone, pulsa, motor dan mobil. Fasilitas penunjang pekerjaan seperti motor misalnya, dipinjamkan kepada crew MRO setelah 3 bulan bekerja dengan motor sendiri.
11. Koperasi simpan pinjam khusus karyawan
Alfamart memiliki koperasi simpan pinjam dengan bunga yang lebih kecil daripada bank konvensional apalagi rentenir. Koperasi Alfamart menjalankan usaha kredit barang seperti sepeda, smartphone, tv, mesin cuci, sampai peralatan elektronik rumah tangga dan pinjaman uang dengan bunga rendah. Karyawan yang menjadi anggota koperasi Alfamart setiap tahun mendapatkan SHU sebagai manfaat dari menjadi member koperasi. SHU Kopkar Alfamart biasanya diberikan di bulan Maret setiap tanggal belasan.
12. Uang pisah, pesangon dan PHK
Jika anda memutuskan resign atau terkena PHK, Alfamart memberikan hak-hak pekerja seperti uang pisah dan pesangon sesuai dengan amanat UU Ketenagakerjaan. Besaran uang pisah diatur dalam peraturan perusahaan dan diberikan kepada pekerja yang resign dengan taat prosedur administrasi. Sementara besaran pesangon, mengacu kepada UU Ketenagakerjaan yang berlaku.
13. Banyak saudara
Kita semua tahu bahwa toko Alfamart ada dimana-mana. Data terakhir, Alfamart memiliki lebih dari 10.000 toko di seluruh Indonesia. Jika satu toko terdiri dari 5-8 orang karyawan, maka Alfamart memiliki lebih dari 50.000 - 80.000 lebih karyawan toko. Jumlah tersebut belum ditambah jumlah karyawan di gudang Alfamart yang sudah mencapai lebih dari 33 cabang.
13 Manfaat kerja di Alfamart diatas berdasarkan pengalaman pekerja yang sedang maupun pernah bekerja di Alfamart. Selain keuntungan kerja di Alfamart, apakah ada kerugian kerja di Alfamart? Simak jawaban berikut ini.
Kerja di dunia ritel minimarket maupun supermarket seperti Alfamart, Indomaret, Transmart, Matahari, dll sudah banyak yang tahu resikonya, yaitu mengganti barang hilang. Barang hilang di tempat kerja memang banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain misalnya kesalahan cek fisik saat menerima barang ketika ada jadwal pengiriman barang, ulah usil orang tidak bertanggung jawab dan perilaku oknum yang makan minum tanpa bayar terlebih dahulu.
CCTV yang terpasang di setiap sudut toko belum efektif mencegah perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Proses hukum terhadap perilaku orang yang tertangkap tangan melakukan perbuatan melanggar hukum juga belum mampu memberikan efek jera. Sehingga, barang hilang masih menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan. Tetapi pada akhirnya, karyawan menjadi penanggung jawab barang yang ada di toko. Barang hilang dianggap kelalaian karyawan.
1. NBH
NBH adalah nota barang hilang. Seperti dijelaskan diatas, bahwa sektor ritel, membebankan barang hilang kepada karyawan. Menghilangkan NBH memang memerlukan kepedulian dan peran serta semua elemen. Jika NBH masih ada, setidaknya perusahaan telah memberikan persentase NBH yang bisa ditolerir dan diharapkan peran aktif karyawan untuk meminimalisir terjadinya NBH.
2. Hari libur nasional masuk
Bagi yang biasa berkumpul dengan keluarga di hari libur nasional, seperti hari Raya Idul Fitri, maka setelah bekerja di sektor ritel harus siap mengorbankan waktu bersama keluarga untuk "lembur" di tempat kerja. Kompensasinya, perusahaan ritel memberikan insentif untuk karyawan yang bekerja di hari libur nasional.
3. Loyalitas
Kerja di perusahaan ritel selain terkenal dengan mengganti barang hilang adalah loyalitas. Loyalitas merupakan kelebihan waktu maupun tenaga yang diberikan karyawan sebagai bentuk dedikasi dan integritas terhadap perusahaan secara sukarela. Loyalitas memang menimbulkan pro dan kontra. Bagi yang pro, mereka beranggapan loyalitas sebagai bentuk terima kasih secara kesadaran pribadi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Bagi yang kontra, mereka beranggapan loyalitas sebagai perbudakan modern dan mencerminkan tindakan kurang profesional dari karyawan.
Jadi, soal kerugian bekerja di perusahaan ritel, menurut kangenmantan.com, merupakan perspektif (sudut pandang) yang cenderung lebih kepada subjektifitas masing-masing. Berbeda dengan manfaat kerja di perusahaan ritel, ukurannya jelas sangat objektif, yaitu fakta administratif.
Sebenarnya kelebihan perusahaan ritel adalah menyerap banyak tenaga kerja (padat karya). Setiap bulan sepanjang tahun, perusahaan-perusahaan ritel tidak pernah berhenti melakukan rekrutmen tenaga kerja. Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Ceriamart, dll adalah salah satu penyumbang tenaga kerja terbesar di Indonesia. Dari perusahaan ritel, sedikitnya terdapat jutaan angka tenaga kerja.
Keluar masuk karyawan di perusahaan ritel seperti Alfamart merupakan hal biasa. Banyak karyawan yang menjadikan bekerja di perusahaan ritel sebagai batu loncatan untuk mendapatkan ilmu, pengalaman dan penghasilan. Bagi yang terlanjur betah, banyak yang menemukan jodoh saat kerja di Alfamart, cinta lokasi gitu, hehehe..
Testimoni dari karyawan Alfamart adalah suka duka kerja di Alfamart menjadikan hidup mereka kuat, tegar, tangguh dan mandiri. Disaat zaman sekarang mencari pekerjaan relatif susah, setidaknya Alfamart masih menjadi daya tarik bagi para pelamar kerja karena melamar kerja di Alfamart relatif tidak terlalu ribet persyaratannya.
Untuk mendapatkan gaji UMK dengan syarat melamar kerja yang relatif mudah, maka Alfamart adalah pilihan tepat. Tetapi, persyaratan dibuat mudah bukan berarti tanpa seleksi. Seleksi tetap dilakukan oleh Alfamart untuk mendapatkan individu-individu berkualitas dan berdaya saing tinggi.
Baiklah itu tadi merupakan 13 keuntungan kerja di Alfamart dan 3 kerugian kerja di perusahaan ritel. Informasi diatas merupakan gambaran umum mengenai dunia kerja di industri ritel. Sekali lagi kangenmantan.com tegaskan, bahwa pengalaman kerja masing-masing karyawan akan berbeda meskipun bekerja di perusahaan yang sama.
Kerja di Alfamart dan Indomaret secara prinsip adalah sama, sama-sama bekerja di sektor ritel. Soal sistem kerja di Alfamart dan Indomaret lebih detail dan spesifik pasti tidak akan 100% sama. Maka kalau ditanya enakan kerja di Alfamart apa Indomaret? Jawabannya adalah masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Pertanyaan yang sering dilontarkan calon pelamar kerja, orang yang baru lulus sekolah sedang mencari pekerjaan (fresh graduates) dan orang eks karyawan-karyawati Indomaret yang akan melamar kerja ke Alfamart adalah untung rugi kerja di Alfamart.
Untung rugi atau suka duka kerja di Alfamart tentu banyak sekali cerita bahagia maupun sedih berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah pernah bekerja di Alfamart. Pengalaman masing-masing pekerja yang pernah bekerja di Alfamart pasti berbeda satu sama lain.
Pada dasarnya bekerja dibawah telunjuk orang lain tidak ada yang 100% enak. Jadi kalau bertanya kerja di Alfamart enak ga sih? jawabannya ya tergantung, kembali ke pembawaan diri pekerjanya masing-masing.
Tetapi kangenmantan.com berhasil merangkum manfaat bekerja di Alfamart berdasarkan pengalaman kerja di Alfamart sebagai berikut :
Keuntungan kerja di Alfamart
1. Gaji karyawan Alfamart terendah adalah minimal UMK
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sebagai pemilik merk dagang Alfamart (AMRT) selalu memberikan gaji kepada karyawan sesuai dengan UMK Kabupaten/Kota yang berlaku. Selama sampai tulisan ini ditulis, Alfamart tidak pernah telat membayarkan gaji yang merupakan hak karyawan dan tidak pernah memberikan gaji dibawah UMK Kabupaten/Kota yang berlaku. Slip gaji Alfamart dikirim melalui email dari payroll pada H+1 setelah tanggal gajian Alfamart. Tanggal gajian Alfamart adalah setiap tanggal 28.
2. Jenjang karir dan tunjangan jabatan
Alfamart memiliki jenjang karir untuk karyawan-karyawatinya yang berprestasi. Sistem grade berlaku untuk level jabatan. Jenjang karir di toko dan di gudang berbeda. Jenjang karir dari toko lebih cepat mencapai top level manajerial. Setiap grade dan level jabatan terdapat tunjangannya sendiri.
3. Benefit untuk karyawan-karyawati yang masuk di tanggal merah
Toko Alfamart tidak pernah libur kecuali terjadi force majeur. Maka karyawan-karyawati toko maupun gudang yang masuk di tanggal merah akan mendapatkan benefit sebagai kompensasi masuk di hari libur nasional.
4. Bonus dan THR
Bonus merupakan reward dari perusahaan untuk karyawan-karyawati Alfamart apabila toko berhasil mencapai target sales bulanan. Istilah bonus untuk toko yang berhasil mencapai target sales adalah IKT. IKT diberikan kepada seluruh karyawan yang bekerja di toko peraih reward tersebut dengan besaran yang berbeda-beda tergantung level jabatannya. Tunjangan Hari Raya (THR) selalu diberikan oleh Alfamart setiap tahun kepada karyawan-karyawatinya paling lambat H-7. Nominal berapa banyak THR di Alfamart adalah sesuai dengan UU Ketenagakerjaan.
5. Jam kerja di Alfamart sesuai dengan UU Ketenagakerjaan
Jam kerja di Alfamart adalah 7 jam kerja + 1 jam istirahat untuk karyawan non shift atau bekerja 6 hari + 1 hari libur, bekerja dari hari Senin sampai hari Sabtu maka libur di hari Minggu, dan 8 jam kerja + 1 jam istirahat untuk karyawan shift yang bekerja 5 hari + 1 hari libur. Sehingga total jam kerja karyawan Alfamart adalah 40 jam per minggu.
6. Diskon khusus karyawan
Diskon khusus karyawan Alfamart ini merupakan diskon diluar diskon diskon belanja lainnya yang berlaku untuk konsumen umum. Diskon karyawan Alfamart bisa didapatkan saat berbelanja di Alfamart dengan menunjukkan kartu ponta yang telah di verivikasi identitasnya. Semakin banyak nominal belanja di Alfamart, semakin banyak potensi mendapatkan diskon karyawan.
7. Hak cuti
Alfamart memberikan hak cuti, ijin dan sakit sesuai dengan UU Ketenagakerjaan. Saat karyawan cuti, karyawan dianggap masuk kerja. Beda dengan ketika sakit, karyawan dianggap tidak masuk kerja. Hak cuti tahunan adalah 12 hari. Hak cuti berlaku selama 1 tahun. Sebagai contoh, untuk hak cuti tahun 2018 sebanyak 12 hari yang diberikan untuk cuti selama tahun 2019 akan expired pada 30 Juni 2020.
8. Fasilitas ketenagakerjaan
Alfamart mengikutsertakan karyawan-karyawatinya dengan program-program pemerintah seperti BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Selama sampai tulisan ini ditulis, alfamart selalu lancar membayar premi iuran rutin BPJS baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga karyawan-karyawati Alfamart yang menggunakan fasilitas kesehatan (faskes) di klinik-klinik kesehatan saat mengalami sakit tidak pernah mendapatkan penundaan hak-haknya.
9. Alfamart support pendidikan
Alfamart memberikan dispensasi untuk karyawan-karyawatinya yang ingin kuliah sambil bekerja. Alfamart memberikan fleksibilitas jam kerja untuk pekerja yang sambil kuliah selama pekerja yang bersangkutan kuliah. Fleksibilitas jam kerja untuk karyawan yang kerja sambil kuliah berupa toleransi menentukan shift kerja saat ada jadwal kuliah.
10. Fasilitas penunjang kerja yang lengkap
Untuk beberapa level jabatan, Alfamart memberikan fasilitas seperti handphone, pulsa, motor dan mobil. Fasilitas penunjang pekerjaan seperti motor misalnya, dipinjamkan kepada crew MRO setelah 3 bulan bekerja dengan motor sendiri.
11. Koperasi simpan pinjam khusus karyawan
Alfamart memiliki koperasi simpan pinjam dengan bunga yang lebih kecil daripada bank konvensional apalagi rentenir. Koperasi Alfamart menjalankan usaha kredit barang seperti sepeda, smartphone, tv, mesin cuci, sampai peralatan elektronik rumah tangga dan pinjaman uang dengan bunga rendah. Karyawan yang menjadi anggota koperasi Alfamart setiap tahun mendapatkan SHU sebagai manfaat dari menjadi member koperasi. SHU Kopkar Alfamart biasanya diberikan di bulan Maret setiap tanggal belasan.
12. Uang pisah, pesangon dan PHK
Jika anda memutuskan resign atau terkena PHK, Alfamart memberikan hak-hak pekerja seperti uang pisah dan pesangon sesuai dengan amanat UU Ketenagakerjaan. Besaran uang pisah diatur dalam peraturan perusahaan dan diberikan kepada pekerja yang resign dengan taat prosedur administrasi. Sementara besaran pesangon, mengacu kepada UU Ketenagakerjaan yang berlaku.
13. Banyak saudara
Kita semua tahu bahwa toko Alfamart ada dimana-mana. Data terakhir, Alfamart memiliki lebih dari 10.000 toko di seluruh Indonesia. Jika satu toko terdiri dari 5-8 orang karyawan, maka Alfamart memiliki lebih dari 50.000 - 80.000 lebih karyawan toko. Jumlah tersebut belum ditambah jumlah karyawan di gudang Alfamart yang sudah mencapai lebih dari 33 cabang.
13 Manfaat kerja di Alfamart diatas berdasarkan pengalaman pekerja yang sedang maupun pernah bekerja di Alfamart. Selain keuntungan kerja di Alfamart, apakah ada kerugian kerja di Alfamart? Simak jawaban berikut ini.
Kerja di dunia ritel minimarket maupun supermarket seperti Alfamart, Indomaret, Transmart, Matahari, dll sudah banyak yang tahu resikonya, yaitu mengganti barang hilang. Barang hilang di tempat kerja memang banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain misalnya kesalahan cek fisik saat menerima barang ketika ada jadwal pengiriman barang, ulah usil orang tidak bertanggung jawab dan perilaku oknum yang makan minum tanpa bayar terlebih dahulu.
CCTV yang terpasang di setiap sudut toko belum efektif mencegah perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Proses hukum terhadap perilaku orang yang tertangkap tangan melakukan perbuatan melanggar hukum juga belum mampu memberikan efek jera. Sehingga, barang hilang masih menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan. Tetapi pada akhirnya, karyawan menjadi penanggung jawab barang yang ada di toko. Barang hilang dianggap kelalaian karyawan.
Kerugian kerja di sektor ritel
1. NBH
NBH adalah nota barang hilang. Seperti dijelaskan diatas, bahwa sektor ritel, membebankan barang hilang kepada karyawan. Menghilangkan NBH memang memerlukan kepedulian dan peran serta semua elemen. Jika NBH masih ada, setidaknya perusahaan telah memberikan persentase NBH yang bisa ditolerir dan diharapkan peran aktif karyawan untuk meminimalisir terjadinya NBH.
2. Hari libur nasional masuk
Bagi yang biasa berkumpul dengan keluarga di hari libur nasional, seperti hari Raya Idul Fitri, maka setelah bekerja di sektor ritel harus siap mengorbankan waktu bersama keluarga untuk "lembur" di tempat kerja. Kompensasinya, perusahaan ritel memberikan insentif untuk karyawan yang bekerja di hari libur nasional.
3. Loyalitas
Kerja di perusahaan ritel selain terkenal dengan mengganti barang hilang adalah loyalitas. Loyalitas merupakan kelebihan waktu maupun tenaga yang diberikan karyawan sebagai bentuk dedikasi dan integritas terhadap perusahaan secara sukarela. Loyalitas memang menimbulkan pro dan kontra. Bagi yang pro, mereka beranggapan loyalitas sebagai bentuk terima kasih secara kesadaran pribadi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Bagi yang kontra, mereka beranggapan loyalitas sebagai perbudakan modern dan mencerminkan tindakan kurang profesional dari karyawan.
Jadi, soal kerugian bekerja di perusahaan ritel, menurut kangenmantan.com, merupakan perspektif (sudut pandang) yang cenderung lebih kepada subjektifitas masing-masing. Berbeda dengan manfaat kerja di perusahaan ritel, ukurannya jelas sangat objektif, yaitu fakta administratif.
Sebenarnya kelebihan perusahaan ritel adalah menyerap banyak tenaga kerja (padat karya). Setiap bulan sepanjang tahun, perusahaan-perusahaan ritel tidak pernah berhenti melakukan rekrutmen tenaga kerja. Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Ceriamart, dll adalah salah satu penyumbang tenaga kerja terbesar di Indonesia. Dari perusahaan ritel, sedikitnya terdapat jutaan angka tenaga kerja.
Keluar masuk karyawan di perusahaan ritel seperti Alfamart merupakan hal biasa. Banyak karyawan yang menjadikan bekerja di perusahaan ritel sebagai batu loncatan untuk mendapatkan ilmu, pengalaman dan penghasilan. Bagi yang terlanjur betah, banyak yang menemukan jodoh saat kerja di Alfamart, cinta lokasi gitu, hehehe..
Testimoni dari karyawan Alfamart adalah suka duka kerja di Alfamart menjadikan hidup mereka kuat, tegar, tangguh dan mandiri. Disaat zaman sekarang mencari pekerjaan relatif susah, setidaknya Alfamart masih menjadi daya tarik bagi para pelamar kerja karena melamar kerja di Alfamart relatif tidak terlalu ribet persyaratannya.
Untuk mendapatkan gaji UMK dengan syarat melamar kerja yang relatif mudah, maka Alfamart adalah pilihan tepat. Tetapi, persyaratan dibuat mudah bukan berarti tanpa seleksi. Seleksi tetap dilakukan oleh Alfamart untuk mendapatkan individu-individu berkualitas dan berdaya saing tinggi.
Baiklah itu tadi merupakan 13 keuntungan kerja di Alfamart dan 3 kerugian kerja di perusahaan ritel. Informasi diatas merupakan gambaran umum mengenai dunia kerja di industri ritel. Sekali lagi kangenmantan.com tegaskan, bahwa pengalaman kerja masing-masing karyawan akan berbeda meskipun bekerja di perusahaan yang sama.